Welcome,

Dapur merupakan ruangan yang sangat penting ketika sebuah rumah dibangun. Bisa anda bayangkan sebuah rumah tanpa dapur? Tapi apakah dapur anda sudah berfungsi sebagai jantung pada rumah anda? Mari buat dapur anda kembali berdetak.

HOW HOT IS YOUR KITCHEN? akan membahas segala sesuatu yang seharusnya terjadi pada dapur anda. Mulai dari peralatan dapur apa yang layak bagi dapur anda, resep-resep masakan lezat dan sehat, hygiene and sanitation untuk dapur, metode-metode yang benar dalam memasak. Dan bahkan apabila anda jeli, semua ini dapat anda manfaatkan menjadi sebuah peluang usaha hanya dari dapur anda sendiri.

Sunday, January 24, 2010

Mencegah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Makanan.

Makanan lezat dan cantik penampilannya belum tentu menjamin kita tidak akan mules/sakit perut setelah memakannya. atau malah yang lebih parah adalah kita terserang diare.
Mencegah Penyakit Yang disebabkan Oleh Makanan memang merupakan tantangan bagi setiap chef. Tidak terkecuali ibu rumah tangga yang hanya memasak untuk keluarganya sendiri. Tentu anda tidak mau keluarga tercinta anda ada yang jatuh sakit. Terutama apabila sakit tersebut disebabkan oleh makanan yang kita olah.

Dalam hal ini ada 4 macam mikro organisme yang dapat mengkontaminasi makanan kita:

1. Bakteri

Yang paling parah dari bakteri adalah mereka ada dimana-mana! Di air, di udara, di tanah, di makanan kita, di kulit kita, bahkan di dalam tubuh kita. Tapi tenang saja, tidak semua bakteri berbahaya. Malah ada yang menguntungkan (bakteri dalam yogurt dan keju).
Ada juga bakteri yang menyebabkan makanan kita cepat rusak dan ada juga yang menyebabkan penyakit apabila termakan oleh kita.

Cara mencegah penyebaran bakteri pada makanan adalah:
- Mencegah makanan kita agar tidak bersentuhan dengan segala sesuatu yang kotor dan mencuci selalu bahan makanan kita sebelum diolah.
- Stop perkembangan bakteri dengan cara menimpan dalam kulkas bahan makanan yang belum mau kita olah.
- Kebanyakan bakteri yang menyebabkan penyakit akan mati pada suhu diatas 77°C selama 30 detik.
- Membersihkan peralatan memasak dengan cairan pembersih.

2. Virus


Virus lebih kecil daripada bakteri. Tidak seperti bakteri, virus tidak dapat berkembang biak kecuali mereka sudah berada di dalam sel hidup. karena virus tidak berkembang biak di dalam makanan seperti bakteri, biasanya penularan virus dari orang lain (orang yang mengolah makanan).



3. Parasit


Parasit adalah organisme yang hidup bergantung pada organisme lainya. Parasit pada manusia biasanya ditularkan oleh binatang. Parasit biasanya lebih besar daripada bakteri.
Parasit biasanya akan mati apabila kita memasak makanan secara benar atau sewaktu kita membekukan makanan.


4. Jamur


Dalam hal ini jamur tidak semuanya merugikan kesehatan, mereka hanya mempercepat kerusakan pada makanan. Tapi manusia juga memanfaatkannya dalam proses pembuatan tempe, kecap, dan roti (ragi). Yang berbahaya adalah beberapa jamur mengeluarkan toksin yang meneyebabkan alergi pada beberapa orang. dan bahkan toxin ini dapat menyebabkan sakit liver yang serius pada orang yang alergi.

Dan yang terpenting selain mencegah semua bakteri, virus, parasit, dan jamur masuk ke makanan kita adalah Personal Hygiene. Dalam hal ini selain kebersihan diri kita sendiri, hal-hal yang kita lakukan sewaktu memproses makanan tanpa kita sadari dapat menyebabkan penyakit bagi orang yang mengkonsumsinya.
Contohnya adalah:
- Mencampur makanan sisa kemarin dengan makanan yang masih baru.

- Memegang makanan yang sudah siap makan tanpa mencuci tangan.
- Setelah memotong ayam, memotong sayuran dengan talenan/cutting board yang sama.
- Menaruh makanan yang sudah jadi di rak bagian bawah kulkas, sehingga menyebabkan air dari ikan atau daging diatasnya mengalir ke makanan dibawahnya.
- Mengelap area dapur kita dengan lap yang sudah kotor.

Dan ini adalah beberpa hal yang perlu diperhatikan mengenai kebersihan diri sewaktu mengolah makanan :
- Kalau bisa, jangan memasak ketika kita sedang terserang penyakit yang dapat menular.
- Mandi setiap hari.
- Memakai baju dan celemek yang bersih ketika sedang memasak.
- Mengikat/menutupi rambut kita sewaktu memasak.
- Cuci tangan kita dengan sabun sebelum mengolah makanan dan sesering mungkin.
- Menutup dengan sapu tangan ketika kita batuk atau bersin, setelah itu kembali cuci tangan dengan sabun.
- Jangan merokok atau mengunyah permen karet ketika sedang memasak.
- Menutup luka dengan perban.
- Jangan duduk diatas meja yang kita gunakan untuk mengolah makanan.

No comments:

Post a Comment