Welcome,

Dapur merupakan ruangan yang sangat penting ketika sebuah rumah dibangun. Bisa anda bayangkan sebuah rumah tanpa dapur? Tapi apakah dapur anda sudah berfungsi sebagai jantung pada rumah anda? Mari buat dapur anda kembali berdetak.

HOW HOT IS YOUR KITCHEN? akan membahas segala sesuatu yang seharusnya terjadi pada dapur anda. Mulai dari peralatan dapur apa yang layak bagi dapur anda, resep-resep masakan lezat dan sehat, hygiene and sanitation untuk dapur, metode-metode yang benar dalam memasak. Dan bahkan apabila anda jeli, semua ini dapat anda manfaatkan menjadi sebuah peluang usaha hanya dari dapur anda sendiri.

Friday, January 22, 2010

KOMPOR / KITCHEN STOVE dan Manfaatnya.

Bagi saya, peralatan yang sangat penting dalam sebuah dapur adalah kompor. baik kompor gas, minyak, maupun listrik. Yang penting bisa keluar api atau panas. Kenapa kompor penting? Kalau tidak punya pisau masih bisa diakali dengan menggigit sampai putus bahan makanan tersebut. Misalnya dalam kasus bawang putih, bila tidak ada pisau untuk mencacah sampai halus bawang tersebut, anda tinggal mengunyahnya sampai halus. Jadi tidak diperlukan pisau disini.. Ha6. (jangan ditiru, cuma contoh, kok).

Dan dari kompor minyak, gas, atau listrik, yang akan saya sarankan adalah kompor gas. Kenapa kompor gas? Karena gas lebih mudah di dapat dibandingkan minyak tanah yang sudah langka. Dan juga kompor gas lebih banyak manfaatnya di bandingkan kompor listrik atau sekarang yang lagi ngetrend kompor induksi.
Kompor gas lebih cepat panas dan makanan lebih cepat matang di banding kompor listrik. namun dari segi keamanan memang kompor listrik yang berjenis induksi lebih aman. Dikarenakan tidak adanya api dan gas. Tetapi itu semua kembali lagi ke kebutuhan para konsumen di dapur.

JENIS-JENIS KOMPOR GAS

KOMPOR GAS DENGAN 1 MATA API



Kisaran harganya antara Rp. 30.000,00 sampai dengan Rp. 125.000,00
Kompor ini sangat cocok untuk anda yang hanya memasak 1 sampai 2 lauk saja setiap hari. atau sebagai kompor tambahan di dapur anda apabila sewaktu-waktu anda memerlukan kompor tambahan.


KOMPOR DENGAN2 MATA API




Kisaran harganya sangat bervariatif antara Rp. 250.000,00 sampai Rp. 1.500.000,00. Biasanya ada yang dilengkapi dengan 1 mata api kecil ditengah-tengah kompor yang berfungsi hanya untuk memanaskan makanan saja. ada juga yang dilengkapi dengan 1 mata api untuk fungsi "bakar". seperti untuk membakar sate atau makanan sejenisnya.

KOMPOR DENGAN 4 MATA API ATAU LEBIH



Bagi anda yang mempunyai budget berlebih untuk memodif dapur anda, saya sarankan untuk membeli kompor dengan model seperti ini karena kelebihannya yang ditawarkan. Kompor ini biasa dilengkapi oleh oven, tidak hanya untuk memanggang makanan saja, tetapi juga bisa untuk memanggang kue maupun roti. Ada juga kompor ini menyediakan ruangan tersendiri untuk menyimpan tabung gasnya, sehingga anda tidak lagi terganggu oleh tampilan tabung gas yang kotor dan berkarat. He6. Model yang diawarkan juga sangat elegan, selain untuk memasak, kompor ini juga berfungsi sebagai pajangan yang cantik untuk dapur anda. Hua6. harga untuk kisaran kompor jenis ini adalah antara Rp. 5.000.000,00 sampai Rp. 12.000.000,00.


Dan apabila anda adalah keturunan bangsawan, mempunyai meja makan yang sangat panjang dan memliki lebih dari 10 kursi (kaya di pelem2), sering menjamu makan tamu-tamu penting, mempunya lebih dari 1 juru masak pribadi di rumah. Saya sarankan anda membili kompor yang komplit sekali ini.


Untuk harga tergantung pemesanan. Tapi kalau disuruh nebak-nebak sih, bisa lah buat beli 1 mobil.( ^o^' ).


1 comment:

  1. terima kasih atas inspirasinya! makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete