Welcome,

Dapur merupakan ruangan yang sangat penting ketika sebuah rumah dibangun. Bisa anda bayangkan sebuah rumah tanpa dapur? Tapi apakah dapur anda sudah berfungsi sebagai jantung pada rumah anda? Mari buat dapur anda kembali berdetak.

HOW HOT IS YOUR KITCHEN? akan membahas segala sesuatu yang seharusnya terjadi pada dapur anda. Mulai dari peralatan dapur apa yang layak bagi dapur anda, resep-resep masakan lezat dan sehat, hygiene and sanitation untuk dapur, metode-metode yang benar dalam memasak. Dan bahkan apabila anda jeli, semua ini dapat anda manfaatkan menjadi sebuah peluang usaha hanya dari dapur anda sendiri.

Friday, January 22, 2010

Pisau dan Kegunaannya


Ini adalah gambar penjelasan bagian-bagian pisau (dalam bahasa Inggris, karena memang standart ini lah yang dimengerti oleh semua Chef di dunia),

Saya akan memberikan beberapa penjelasan dari kegunaan bagian-bagian pisau.

Butt, Tang, Rivets, Scales merupakan bagian dari area pengangan/handle dari sebuah pisau.mereka bekerja sama agar handle tersebut menjadi nyaman dan aman bagi penggunanya.
Bloster merupakan sambungan antara handle dengan bagian tajam dari sebuah pisau.

Heel adalah bagian terbelakang dari bagian tajam pisau. Kegunaanya untuk "Pekerjaan berat" heel berguna untuk memotong segala sesuatu yang memerlukan tenaga ekstra. seperti untuk memotong wortel, memotong daging yang masih beku.

Edge terletak di tengah. fungsinya untuk mencincang, atau untuk memotong bahan makanan yang tidak memerlukan tenaga ekstra. contohnya untuk memotong tahu.

Spine gunanya untuk menjadi pijakan dari telapak tangan kiri (untuk yang tidak kidal) ketika kita melakukan tekhnik memotong chop/mencincang.

Tip berguna untuk melakukan "pekerjaan ringan" yang tidak memerlukan tenaga yang besar. seperti untuk memotong bahan makanan yang kecil.


Point merupakan ujung tajam dari sebuah pisau dan sangat berbahaya. gunanya adalah untuk menusuk ke dalam bahan makanan sehingga lebih memudahkan gerakan memotong selanjutnya, memecahkan es batu (tidak disarankan karena dapat merusak ujung pisau), dan lain lain.


JENIS-JENIS PISAU.



FRENCH KNIFE ATAU CHEF'S KNIFE 

Pisau dengan model ini sangat saya sarankan untuk dimiliki oleh setiap dapur, karena kegunaannya yang sangat banyak. seperti mencincang, memotong bentuk korek api, dadu, dan lain-lain. Pisau ini merupakan senjata bagi semua chef.




CLEAVER

Pisau ini merupakan pisau khas dari Negri China. kegunaan dari pisau ini lebih mengarah pada chinese food. dikarenakan oleh tekhnik memasak yang berbeda antara barat dan timur. kegunaan dari pisau ini adalah untuk memotong tulang, menggeprak bawang putih, mencincang daging, dan lain-lain.



PEELER KNIFE

 Kegunaan dari peeler knife ini adalah untuk mengupas kulit dari buah atau sayuran.Seperti yang dapat terlihat pada gambar.


Ada 2 jenis untuk peeler knife. yang berbentuk seperti alat pencukur kumis ini adalah peeler yang berguna hanya untuk mengupas kulit buah atau sayur saja.


Sedangkan untuk peeler yang berbentuk runcing ini mempunyai kegunaan selain untuk mengupas kulit sayur atau buah, ujung runcingnya juga berguna untuk tekhnik mencongkel. seperti untuk mencongkel bagian atas apel yang biasanya masih tertinggal tangkai nya.


PARING KNIFE

Pisau kecil dengan ujung mata pisau yang tajam ini berguna untuk trimming (membersihkan daging dari lemak-lemak), memotong buah dan sayuran. bisa juga untuk mengupas kulit sayur dan buah apabila dalam keadaan terdesak/sudah terbiasa.


SCIMITAR
 
Dengan bentuk yang melengkung dan ujung mata pisau yang tajam, pisau ini sangat berguna untuk akurasi dalam memotong daging steak sebelum disajikan.




SERRATED SLICER
 
Pisau panjang dengan ujung yang tidak tajam, serta dengan gerigi di sepanjang bagian edge. Biasanya digunakan untuk memotong roti ataupun kue dan makanan-makanan sejenisnya.




STEEL SHARPENER


Steel sharpener memang bukan pisau. tetapi sangat penting untuk peralatan pisau kita. kegunaanya adalah untuk mengasah pisau dan memperthanakan ketajaman pisau.






HANDLING KNIFE

Ini merupakan cara yang paling aman dan benar dalam menghandle sebuah pisau.

No comments:

Post a Comment